Kamis, 09 Oktober 2014

Musik Ul daul Madura



Musik Ul daul?
Ul daul merupakan jenis musik tradisional Madura yang akhir-akhir ini mulai menjadi sorotan, bukan hanya oleh masyarakat Madura melainkan juga oleh mata nasional dan internasional. Ul daul pada awalnya hanya seabatas tong-tong (gentongan) yang terbuat dari bambu atau bisa juga dari potongan kayu yang dilubangi hingga menimbulkan bunyi atau suara yang indah. Awalnya alat musik ini di mainkan atau dipukul mengelilingi desa oleh sekelompok warga untuk membangunkan masyarakat desa pada waktu sahur di bulan ramadhan. Namun lama kelamaan semakin berkembang dengan ditambahnya alat musik baru seperti gong, peking, kenong, gendang, rebana, kereta dorong sebagai alat penggeraknya, dll. Ul daul diminati oleh masyarakat selain karena kekhasan dalam perpaduan instrumennya, juga karena dekorasi kereta dorongnya yang indah dan artistik.
Musik tradisional ini sekarang seakan menjadi suatu hal penting disetiap acara-acara besar khususnya di wilayah Madura, seperti peringatan hari-hari besar Nasional,  maupun peringatan hari besar, hajatan, Pernikahan, Sunnatan, Pawai serta acara-acara lainnya. Musik Ul daul pada saat ini sangat tinggi perkembangannya, dikarenakan banyak yang menyukai seni musik ini mulai dari anak usia dini (TK), SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi hingga pada kalangan atas. Sebab Ul daul dapat menyesuaikan lagu sesuai kebutuhan. Mulai dari lagu tradisional Madura, lagu dangdut, sampai lagu-lagu islami yang di kemas dalam musik qasidah.  

Musik Ul daul pada saat ini biasanya di mainkan pada acara-acara hajatan, Pernikahan, Sunnatan, Pawai serta acara2 lain yang banyak mengundang musik Ul daul.
Musik ul daul ini lumayan menguras uang receh, karena tidak sedikit biaya yang dikeluarkan untuk menyewa atau mengundang, biaya yang besar ini bisa dilihat dari ketersediaan alat2, kereta, dan dekorasi yang indah. Kisaran tarif yang digunakan untuk mengundang musik inidari 1-2 juta tergantung dari lama dan jauhnya tempat undangan. jadi jangan heran dan jangan takut rugi dg besaran tarif yang dipatok karena Anda akan merasa puas.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar